Sabtu, 22 Agustus 2015

Ponggokan di Kasepuhan Ciptagelar

Banten merupakan wilayah yang luas karena disetiap tempat terdapat destinasi-destinasi yang menarik untuk di explore ataupun dipelajari, seperti Kasepuhan Ciptagelar merupakan kesatuan Adat Banten Kidul. Desa adat ini merupakan desa terbesar daripada desa adat sekitarnya dan di Ciptagelar sangat mendukung sekali perkembangan teknologi, dari radio sampai televisi punya pemancar sendiri untuk menyiarkan aktivitas di Ciptagelar.

Ponggokan adalah proses pengumpulan hasil bumi selama 1 tahun dari setiap warga Kasepuhan yang nantinya di tumbuk menjadi beras dan digunakan untuk acara Serentaun (pesta panen). Ponggokan sendiri diadakan dengan berbabagai kesenian daerah seperti wayang golek, angklung, musik daerah serta pertunjukan lainnya.




[ Aktivitas Pengumpulan Padi di Bale ]



[ Bale Untuk Pengumpulan Padi ]

[ Proses Penumbukan Padi ]





[ Pelajar dari Jeju - Korea ]







[ Pusat Informasi ]


Bila kalian berkunjung ke Kasepuhan Ciptagelar hal paling utama adalah patuhi peraturan-peratuhannya, karena mematuhi peraturan setempat adalah salah satu cara untuk menghormati. 
Misal di Leuit atau yang disebut juga lumbung padi ini kita tidak dibolehkan untuk mengambil gambar dengan alat apapun ke dalamnya. Setiap tempat banyak terdapat Leuit yang berbagai macam ukuran, dan Leuit Jimat merupakan tempat menampung padi dengan kapasitas sekitar 7.500 pocong yang dapat disimpan dalam puluhan tahun untuk cadangan makanan bila terjadi paceklik. 


[ Leuit Jimat ]


[ Pertunjukan Wayang Golek ]




[ Imah Gede ]




[ Kasepuhan Ciptagelar ]









1 komentar:

  1. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus

Follow me

Jangan hanya angan di angan saja